indonesia memiliki beberapa gunung yang sangat indah dan mempesona. karena pesona tersebutlah yang membuat penasaran akan keindahan alamnya maka tidak heran banyak pendaki yang ingin mencoba mendakinya dan melihat keindahan alamnya dari atas puncak.

diantara gunung - gungung tersebut ada beberapa gunung yang di peruntukan untuk pemula, karena selain jalurnya lebih landai dan tidak memerlukan tenaga ekstra untuk melewatinya. meski begitu jalur yang landai dan menanjak merupakan sebuah tantangan bagi para pendaki yang sangat menyenangkan ketika berhasil melewatinya.

gunung merbabu via selo
sumber facebook.com

sekilas tentang gunung merbabu

gunung merbabu mempunyai ketinggian sekitar 3142 Mdpl. gunung ini menjadi salah satu gunung terfavorit para pendaki karena pemandangan alamnya yang mempesona juga gunung merbabu ini mempunyai sabana yang juga sangat indah.
Gunung merbabu terletak di jawa tengah, memiliki 3 buah puncak yaitu kentengsongo, puncak trigulasi dan puncak syarif.

Titik pendakian

gunung merbabu mempunyai 5 jalur pendakian, yang masing - masing mempunyai tantangan tersendiri ketika melewatinya. berikut jalur pendakian gunung merbabu yang bisa di jadikan titik awal pendakian.
  1. jalur pendakian Selo, Boyolali
  2. jalur pendakian Tekelan kopeng, Salatiga
  3. jalur pendakian Suwanting, Magelang
  4. jalur pendakian Wekas, Magelang
  5. jalur pendakian Chuntel, Magelang

Rute dan Lokasi merbabu via selo

jalur pendakian gunung merbabu via selo menjadi jalur yang relatif lebih ramai di karenakan jalur pendakiannya lebih landai makanya jalur pendakian ini sangat di cocok untuk pemula.
akses ke lokasi adalah yogyakarta atau solo, jika dari solo naik bus jurusan semarang lalu turun di boyolali apabila dari kota yogyakarta harus naik bus jurusan solo lalu turun di kertasura kemudian berganti bus jurusan semarang dan turun di boyolali. untuk ke selo boyolali dilanjutkan dengan bus kecil jurusan selo, namun bus yang langsung ke selo biasanya agak jarang dan hanya biasanya sampai pasar cepogo. untuk lebih mudahnya bisanya saya menyewa mobil jemputan yang dari basecamp yang menawarkan antar jemput pendaki, biasanya saya naik dari teminal boyolali.

jalur pendakian merbabu via selo boyolali

merbabu via selo

awal pendakian kita akan disambut oleh gapura selamat datang dari Taman Nasional Gunung Merbabu. setelah melakukan simaksi barulah di mulai perjalan menuju puncak gunung merbabu. memasuki pintu hutan pertama kita akan melawati hutan pinus dan lamtoro di sepanjang jalur pendakian menuju pos 1. suasananya dan udaranya masih sangat sejuk bahkan di siang hari pun akan masih terasa sejuk. track nya pun masih agak landai dan perkiraan sampai di pos 1 sekitar 1- 1,5 jam perjalanan baru sampai di POS 1 ( Dok Malang )

perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2 track blm terlalu curam namun agak sedikit menanjak, terdapat 1 pos bayangan diantara jalur trek 1 dan 2. tanjakannya pun lumayan terjal, baru sekitar 20 menit perjalanan pendaki akan tiba di Pos 2 (Tendean) 

selanjutnya dari Pos 2 ke Pos 3 (Watu Tulis) jaraknya tidak begitu jauh hanya sekitar 45 menit perjalanan treknya pun agak sedikit menanjak menuju pos 3. sebaiknya anda istirahat di Pos 3 untuk memulihkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan. di jalur pos 3 ini pendaki akan melihat pemandangan gunung merapi yang indah dan cukup jelas jika cuaca tidak berkabut.

jalur pendakian merbabu via selo

berlanjut ke Pos 4 pendaki akan di sambut dengan tanjakan yang bisa membuat nafas tersendat dan menguras tenaga. trek yang terjal dengan tanah yang mudah membuat tergelincir. jika di musim hujan tanjakan ini bisa menjadi licin, sebaiknya pilih jalur kiri yang banyak akar-akar pohon untuk pegangan.

Pos  4 (sabana 1) di sabana 1 ini pendaki bisa mendirikan tenda, selain tempatnya datar pemandangan yang di berikan pun sangat indah menjadi alasan para pendaki memilih untuk berkemah disini, namun angin di pos 4 ini sangat kencang dan rawan Badai.

dari pos 4 (sabana 1) menuju pos 5 (sabana 2) bisa di tempuh dengan perjalanan sekitar 40 menit, trek yang berupa tanjakan yang sedikit terjal namun tidak seterjal tanjakan dari pos 3 ke pos 4, setelah melewati bukit dan menurun pendaki akan sampai di Pos 5 (Sabana 2) 

untuk menuju puncak dari pos 5 dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam sebaiknya jika ingin melihat sunrise bangun sekitar jam 3 pagi dan menyiapkan sarapan untuk summit attack.

jalur pendakian merbabu via selo


catatan : sepanjang jalur pendakian merbabu via selo tidak ada sumber air, maka dari itu pendaki harus membawa air dari basecamp

Puncak Kenteng Songo yang merupakan puncak tertinggi di Gunung ini menjadi saksi bagaimana sunrise Merbabu terlihat walau hanya sebentar. Gunung Merapi dengan lautan kabut akan terlihat. Pesona ini tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Hanya decak kagum yang bisa terungkapkan.